Langsung ke konten utama

ANIMASI 2D SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN SWISHMAX 2.0

baiklah oke tulisan ini saya buat karena ada permintaan teman yang ingin tau mengenai software Swish Max 2.0.. oke kita mulai heheheh....

A. SEKILAS TENTANG ANIMASI
Animasi merupakan bagian dari aplikasi multimedia, apa sih Multimedia ? diambil dari padanan katanya multi berarti banyak, bermacam-macam media, media yang bisa digunakan bisa berupa picture, music, text, bahkan juga video jadi multimedia adalah menggabungkan berbagai macam media sehingga terbangun sebuah aplikasi bebasis audio visual. Pada dasarnya animasi bisa dibagi menjadi 2 dilihat dari pergerakannya (Navigasi objek) adalah sebagai berikut : Animasi Sequential jika pergerakan objek-objeknya tersusun secara berurutan contohnya :


Animasi Nonsequential jika pergerakan animasinya tidak tersusun secara berurutan sehingga user dapat menentukan snavigasi tiap objek-objek pada animasi tersebut contohnya :

Adapun Sofware-sofware yang bisa digunakan untuk pembuatan animasi adalah sebagai berikut :
 Swish Max
 Macromedia Flash MX 2004
 Snag It
 Cool Edit Pro
 Camtasia Studio
 Macromedia Captivate
 Blender
 Animbor
 Gif Animator
 3Dmax
 Vcd Cutter
 dll

B. PENGANTAR SWISH MAX 2.0
Swish Max V.2.0 merupakan versi terbaru yang mengalami perubahan sangat besar. Perubahan pada versi ini ditambahkan juga beberapa fitur-fitur baru  untuk melengkapi pembuatan animasi yang lebih kaya dan pembuatan animasi yang lebih kompleks untuk keperluan situs web dan keperluan-keperluan lainnya. Hampir semua penambahan fitur baru tersebut dapat memenuhi kebutuhan animasi professional.
C.TERMINOLOGI DALAM SWISH
1. Movie
Movie adalah kumpulan scene yang dijalankan secara berurutan. Sebuah movie mempunyai properti ukuran movie, frame rate dan warnalatar belakang yang dapat diedit pada panel movie. Secara umum movie disimpan ke dalam disk dalam format file .swi yang dapat dibaca oleh aplikasi. Format file lain yang dapat dibuat Swish adalah:
1. Format file .swf yaitu sebuah file yang dapat dibaca oleh flash player.
2. Format file .htm yaitu sebuah file halaman web atau kode browser yang digunakan untuk menampilkan movie.
3. Format file .avi yaitu sebuah format file video.
4. Format file .exe sebuah format aplikasi mandiri

2. Scene 
Scene isisnya terdiri atas objek-objek, teks, efek-efek, suara, event, dan action yang membentuk satu kesatuan animasi dalam sejumlah frame. Setelah selesai menjalankan sebuah scene, movie akan menjalankan scene berikutnya secara otomatis.

Setiap scene dibuat dari serangkai frame, begitu pula dengan sebuah motion picture, setiap scene mempunyai timeline sendiri yang dapat diedit dengan menggunakan timeline panel. Dalam sebuah scene baris-baris objek berada di bawah baris scene pada timeline panel. Baris-baris tersebut ditampilkan dalam urutan tumpukan objek. Objek yang akan tampil pada permulaan movie berada pada ururtan palin atas objek-objek lainnya dan objek yang tampil teakhir berada pada ururtan paling bawah dan seluruh objek lainnya.

3. Timeline
Timeline adalah baris waktu yang digunakan untuk mengkoordinasikan dan menggabungkan animasi-animasi dari objek–objek yang berbeda. Timeline panel digunakan juga menunjukan sebuah tampilan yang menggambarkan frame-frame dengan awal frame yang terletak di kiri dan akhir frame terletak di sebelah kanan.

4. Frame dan Frame Rate
Sebuah movie terdiri atas sebuah rangkaian frame-frame yang ukurannya sama. Jumlah waktu sebuah frame tunggal yang ditampilkan diatur dengan menentukan frame rate. Frame rate adalah suatu ukuran untuk menentukan banyaknya frame per detik dalam sebuah movie. Kecepatan movie bergantung pada kemampuan computer untuk menjalankan movie dan juga bisa terjadi disebabkan oleh variasi dari frame ke frame yang bergantung pada tingkat kerumitan animasi yang di buat. Adapun satuan yang digunakan untuk menghitung frame rate fps ( Frame per second).

5. Efek
Efek adalah perubahan perubahan pada sebuah atau beberapa objek. Efek-efek tersebut akan dimulai dan berhenti pada bagian-bagian frame yang dapat diatur dengan memasukan action atau event.

7. Action And Event
Action adalah operasi–operasi yang digerakan oleh event. Action dapat mengubah jalanya movie, menyembunyikan atau meghentikan suara, memanggil movie lainnya atau beralih ke halaman-halaman web, atau berkominikasi dengan host browser atau player.
Event terjadi saat movie menapai frame yang ditentukan dan anda berinteraksi dengan sebuah objek dengan menggunakan sebuah mouse.
Keterangan Gambar :
1. Title Bar adalah sebuah informasi yang terletak di sudut kiri atas yang menerangkan judul dan movie yang sedang dikerjakan.
2. Menu Bar Adalah kumpulan menu-menu yang digolongkan dalam satu kategori, misalnya menu File terdatas perintah, New, Open, Save Import, Export, dan lain-lain.
3. Toolbar Standar Adalah kumpulan perintah-perintah yang terdiri atas tombol jalur pintas
( ShortCut) untuk mengakses menu dan perintah-perintah standar yang sering digunakan.
4. Toolbar Insert Adalah kumpulan perintah- perintah yang terdiri atas tombol sortcut untuk memasukan teks, gambar, scene , Sprite.
5. Toolbar Control adalah kumpulan perintah-perintah yang terdiri atas tombol sortcut unutk menjalankan animasi atau menghentikannya.
6. Timeline Panel adalah sebuah panel untuk mengatur masa tayang dan efek-efek oobjek animasi, event, dan action di dalam sebuah movie.
7. Outline Panel adalah sebuah panel yang digunakan untuk mengatur susunan urutan objek, menambahkan atau mengurangi scene, mengatur susunan urutan scene.
8. Toolbox adalah sekumpulan perintah yang teridi dari tombol sortcut berisi tool-tool untuk pembuatan objek, memodifikasi objek, pengaturan tampilan.
6.
9. Layout Panel adalah merupakan sebuah area untuk berkreasi dalam membuat objek, menambahkan objek, meletakan dan menyuting objek.
10. Stage adalah suatu area didalam layout panel yang digunakan untuk menambah objek menjadi sebuah movie dan mengkomposisikan isi dari masing –masing frame, objek yang berada di luar area stage tidak akan ditampilakn dalam sebuah movie.
11. Status Bar adalah sebuah area yang meberikan informasi dalam penggunaan tool-tool dan informasi-informasi tambahan yang dibutuhkan user.
12. Panel-Panel adalah sebuah jendela yang berisi beberapa tab panel seperti tab movie, tab text panel, tab actions panel, tab transform panel, tab color panel, tab export panel.
Baiklah untuk lebih jelasnya turoeial atau langkah pengerjaanya silakan langsung hubungi saya langsung heheh ... mudah mudahan berguna ini link pdfnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Karakteristik Dan Siklus Hidup worm , virus, trojan horse, ataupun malcode lainnya

pada umumnya worm memiliki kemampuan dasar sebagai berikut : 1.        KEMAMPUAN REPRODUKSI DAN DISTRIBUSI Yaitu kemampuan yang mutlak dimiliki oleh worm untuk membuat salinan dirinya sendiri, sekaligus mendistribusikan salinan tersebut pada system yang lain baik   melalui media penyimpanan   seperti flasdisk, disket dll, maupun melalui jaringan komputer, walau pun memiliki rutin untuk menginfeksi program lain namun tidak bertujuan menjadikan file program terinfeksi sebagi file infektor. Pada awalnya wor dibuat dengan aksi memnuhi hardisk dan jaringan, namun seiringnya perkembangan jaman   dan teknologi informasi hal ini di tinggalkan oleh para worm writter   karena malah akan mengurangi kemampuan worm itu sendiri dalam menyembunyikan dirinya sendiri, yang akan berakibat worm tersebut cepat terendus oleh advance user ataupun oleh para vendor pembuat anti virus. 1.        KEMAMPUAN REKAYASA SOSIAL Karena file infektor akan aktif saat user meng esekusi maka social engenering at

Contoh Rewrite Rule

melanjutkan post yang sebelumnya mengenai penyerderhanaan  link di website Sedikit aja Nih Gan Silakan di simak... RewriteEngine on RewriteRule ^home$ media.php?module=home [L] RewriteRule ^galeri-(.*)\.html$ zoom.php?id=$1 [L] RewriteRule ^album-(.*)\.html$ media.php?module=detailalbum&id=$1 [L] RewriteRule ^berita-(.*)\.html$ media.php?module=detailberita&id=$1 [L] RewriteRule ^agenda-(.*)\.html$ media.php?module=detailagenda&id=$1 [L] RewriteRule ^hasil-pencarian\.html$ media.php?module=hasilcari&id=$1 [L] RewriteRule ^indeks-berita\.html$ media.php?module=indeksberita&id=$1 [L] RewriteRule ^hasil-poling\.html$ media.php?module=hasilpoling&id=$1 [L] RewriteRule ^lihat-poling\.html$ media.php?module=lihatpoling&id=$1 [L] RewriteRule ^profil-kami\.html$ media.php?module=profilkami&id=$1 [L] RewriteRule ^tentang\.html$ media.php?module=tentang&id=$28 [L] RewriteRule ^hubungi-kami\.html$ media.php?module=hubungikami&id=$1 [L] Rewri

Sekilas tentang ACL form Windows 7 untuk kebutuhan Audit Berbasis Komputer

ACL for Windows dirancang khusus untuk menganalisa data dan menghasilkan laporan audit untuk user non-teknis sampai expert users. Dengan menggunakan ACL, pekerjaan auditing akan jauh lebih cepat dibandingkan proses auditing manual yang memerlukan waktu sampai berjam-jam bahkan sampai berhari-hari. Dengan beberapa kemampuan ACL, analisis data akan lebih efisien dan lebih meyakinkan. Berikut ini beberapa kemampuan ACL : 1.       Mudah dalam penggunaan . ACL for Windows, sesuai dengan namanya adalah software berbasis windows, dimana sistem operasi windows telah dikenal User Friendly (mudah digunakan). Kemudahan ini ditunjukkan dengan user hanya melakukan click pada gambar-gambar tertentu (icon) untuk melakukan suatu pekerjaan, dan didukung pula dengan fasilitas Wizard untuk mendefinisikan data yang akan dianalisis. 2.       Built-in audit dan analisis data secara fungsional . ACL for Windows didukung dengan kemampuan analisis untuk keperluan audit/pemeriksaan seperti : Analisis Statisti